Jasa Service Chiller Penyebab Dan Cara Perbaiki Mesin Compressor Chiller

Chiller atau mesin pendingin merupakan salah satu alat refrigerasi yang memiliki peranan penting dalam proses pendinginan. Didalamnya terdapat komponen penting yang berfungsi sebagai jantungnya mesin chiller yaitu kompressor. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, Anda harus memperbaikinya ke layanan jasa service dan jual chiller. Saat ini sudah banyak layanan yang bisa Anda gunakan yang tersedia di berbagai daerah Indonesia.

Mesin kompressor, istilah ini mungkin tidaklah asing. Namun banyak yang tidak tahu apa pengertian dari mesin kompressor itu sendiri. Mesin kompressor merupakan suatu alat yang berperan penting dalam memompa gas freon ke semua bagian sistem pemipaan lemari pendingin.

Bagaimana Mesin Kompressor Bekerja?
Mesin kompressor mampu memompa gas freon dengan mekanisme kerja yaitu menyirkulasikan gas freon melalui sebuah pipa discharge ke pipa kondensor. Tekanan pada gas freon ini panas dan tinggi, sistem kerjanya dilakukan dengan menghisap gas freon melalui pipa suction bertekanan rendah.

Pada saat kompressor menekan pipa discharge, bagian pipa kondensasi mengalami kondensasi dari gas menjadi embun. Setelah itu masuk ke tahapan selanjutnya yaitu proses penyaringan dari berbagai kotoran seperti gesekan besi atau kotoran kerak dai mesin kompresor dan pipa kondensor.

Setelah melewati proses penyaringan, gas freon menuju pipa kapiler yang akan berubah menjadi gas cair dengan tekanan rendah. Kemudian menuju ke bagian evaporator yang akan dihisap melalui pipa suction sehingga gas freon menjadi cair dan mengalami evaporasi. Perubahan gas cair ini membawa energi panas dari pipa ke ruangan pendinginan sehingga ruhu ruangan menjadi dingin.

Penyebab Adanya Kerusakan Pada Mesin Compressor Chiller
Mesin kompresor bisa mengalami kerusakan yang memiliki beberapa faktor penyebabnya yaitu :
1. Temperatur yang tinggi sehingga menyebabkan kemacetan pada pompa piston yang terjadi karena voltase listrik tidak stabil, oli berkurang, atau beban pendinginan yang terlalu berat.
2. Sirkulasi gas freon yang terhambat karena mengalami kebocoran sehingga suhu pendinginan gagal.
3. Adanya panas berlebihan yang menyebabkan mesin kompresor hidup terus menerus sehingga terjadi kerusakan di bagian motor.
4. Freon AC pada gas freon saat membersihkan bunga es dengan pisau sehingga di bagian pipa evaporatornya mengalami kebocoran.

Meskipun bagian mesin kompresor rusak atau macet, sebelum dibawa ke jasa service chiller Anda bisa melakukan perbaikan pertama dengan cara :

1. Membuang semua oli melalui kedua pipa hisap, biarkan keluar dengan sendirinya.
2. Belah mesin kompresor namun jangan sampai tembus ke bagian bawah plat besi.
3. Carilah letak as setang piston kemudian tuangkan oli kompresor tepat di bagian atasnya.
4. Tutup kembali, kemudian las sambungan penutup kompresor dengan rapat agar tidak bocor saat dilakukan pengisian gas freon.

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *